Jumat, 29 Oktober 2010

E-COMMERCE


E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

PENDAHULUAN

E-Commerce pada dasarnya adalah kegiatan transaksi perdagangan melalui media elektronik. Dampaknya yang signifikan adalah tersingkirnya jejak kertas yang sebelumnya merupakan bagian tak terpisahkan dari transaksi tradisional. e-Commerce juga kerap dipahami sebagai kegiatan distribusi yang dilakukan oleh pelaku usaha di dunia maya untuk menjangkau konsumen akhir, atau dilakukan oleh suatu kegiatan usaha untuk melakukan suatu transaksi dengan kegiatan usaha lainnya.

PEMBAHASAN

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.

Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3. Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.

Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).

Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.

Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.

Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.


Sejarah pengembangan e-commerce web hosting:

elektronik commerce ketika diperkenalkan sebenarnya berarti berarti fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, biasanya menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). elektronik atau e dalam e-commerce atau e-business mengacu pada teknologi / sistem yang sering digunakan di dalamnya perusahaan. Bentuk-bentuk lain dari e-commerce web hosting adalah kartu kredit, Automated Teller Machines (ATM) dan perbankan telepon. dari tahun 1990-an sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), data mining dan data pergudangan telah disertakan. Dalam "dot com" era ada beberapa kegiatan termasuk seperti Web commerce "- pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS catatan, protokol server khusus yang mengenkripsi data rahasia bagi pelanggan memesan gerobak perlindungan) dengan e-belanja dan dengan layanan pembayaran elektronik, seperti otorisasi pembayaran kartu kredit.


Masalah:


Sebagai ada pergi tanpa mengatakan probems tidak ada kesuksesan. 1. Failiur untuk memahami situasi kompetitif adalah sesuatu yang merupakan kesalahan umum. Kurangnya kemampuan untuk bersaing. 2. Kegagalan untuk memahami pelanggan, apa yang mereka beli dan mengapa mereka membeli. Jika produsen dan pengecer tidak mengerti kebiasaan konsumen, harapan, dan motivasi lalu bahkan produk yang kecil dapat gagal untuk dijual. 3. Memprediksi lingkungan reaksi: ketidakmampuan untuk melakukan hal ini dapat terbukti sangat fatal. Harus ada begitu banyak pertanyaan yang timbul seperti Apa yang akan kompetitor lakukan? Apakah mereka akan memperkenalkan merek yang kompetitif atau situs yang kompetitif? Apakah mereka akan melengkapi penawaran layanan mereka? Apakah mereka mencoba untuk sabotase situs pesaing? Akan perang harga keluar? Apa yang akan dilakukan pemerintah? 4. koordinasi sangat penting dalam bidang apapun. 5. memperoleh komitmen manajemen senior juga kurang. 6. komitmen karyawan: gagal untuk memberikan gambaran seluruh karyawan dan tidak mampu menjelaskan strategi dengan baik kepada karyawan. 7. rencana: ini adalah sesuatu yang setiap orang harus memiliki. perencanaan awal dapat membantu dari pergi ke kerugian.


Penerimaan:

Orang-orang telah menerima e-commerce web hosting model bisnis yang kurang siap dari awalnya diharapkan pendukungnya. belanja elektronik telah berkembang dengan lambat. 1. Selalu ada kurangnya kepuasan instan adalah hal yang lain perusahaan harus bekerja pada. 2. Keamanan: tidak menggunakan kartu kredit karena pada garis pencurian dan penipuan kartu kredit. 3. Ketika datang ke sisi belanja line pahala terapi belanja sosial tidak ada. 4. Ada beberapa situs web eCommerce yang dirancang buruk, yang dipenuhi bug yang menghalangi pembeli.


Sastra:


1. E-Commerce-induced Perubahan Logistik dan Sistem Transportasi-Georg Erber, Peter Klaus und Ulrich Voigt. 2. Niaga Elektronik: Sebuah Kebutuhan Peraturan - Bach Stefan? Und Georg Erber. 3. Aturan Informasi ": Sebuah Panduan Strategis ke Jaringan Ekonomi," - Carl Shapiro dan Hal R. Varian. 4. "Cetak Biru untuk Ekonomi Digital: Menciptakan Kekayaan di Era E-Bisnis," - ini telah diedit oleh, Don Tapscott, Alex Lowy dan David Ticoll, Associate Editor: Natalie Klym. 5. "Perdagangan Elektronik: Bisnis Teknis,, dan Masalah Hukum," - Nabil R. Adam, Dogramaci Oktay, Gangopadhyay Aryya dan Yelena Yesha. 6. "Meningkatkan Gudang Data dan Informasi Bisnis Kualitas: Metode untuk Mengurangi Biaya dan Laba Meningkatkan," - Larry P. Bahasa Inggris.



Orang-orang menawarkan layanan e-commerce praktisi: Perangkat Lunak:


1. ATG. 2. CubeCart. 3. Daftar Belanja eCommerce. 4. eMeta Corporation. 5. Ingenta. 6. Netsuite Inc 7. osCommerce. 8. Shop-Script. 9. Zen Cart. 10. Microsoft Commerce Server.



Entitas menggunakan perdagangan elektronik:


1. Amazon.com 2. eBay 3. exostar 4. MercadoLibre.com 5. Newegg.com 6. Nuvvo 7. Overstock.com 8. Quixtar.com 9. rediff.com 10. Smarthome 11. Uship


Keuangan:

1. iBill 2. Moneybookers 3. PayPal 4. WebMoney 5. Yahoo! 6. Google Checkout


KESIMPULAN:


Kebutuhan serta ketergantungan terhadap eCommerce semakin tinggi seiring dengan kesuksesan teknologi internet menjadi pilihan utama dalam menangani komunikasi, promosi, transaksi, informasi dan lain sebagainya diera globalisasi dewasa ini. Hal ini pulalah yang mendasari munculnya keahlian professional dibidang eCommerce yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan maupun individu yang berkeinginan mengimplementasikan eCommerce dalam mendukung proses kegiatan maupun bisnisnya.


DAFTAR PUSTAKA:


http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_E-commerce_dan_Teknologi_Informasihtml
http://ferylife.blogspot.com/2007/12/e-commerce.html
http://www.infosum.net/id/web-hosting/introduction-for-e-commerce-web-hosting.html
http://irfan.palalloi.web.id/index.php/2009/04/11/ecommerce/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar